QAILULAH (Tidur Siang Cara Rasulullah)


وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. (QS. An-Naba’: 9)

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah no. 1637: isnadnya shahih)

“Yang dimaksud dengan qailulah adalah istirahat di tengah hari, walaupun tidak disertai tidur.” (An-Nihayah fi Gharibil Hadits)

مَا كَانَ لِأَهْلِ الْمَدِيْنَةِ شَرَابٌ– حَيْثُ حُرِّمَتِ الْخَمْرُ –أَعْجَبُ إِلَيْهِمْ مِنَ التَّمْرِ وَالْبُسْرِ، فَإِنِّي لَأُسْقِي أَصْحَابَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُمْ عِنْدَ أَبِي طَلْحَةَ، مَرَّ رَجُلٌ قَالَ: إِنَّ الْخَمْرَ قَدْ حُرِّمَتْ. فَمَا قَالُوا: مَتَى؟ أَوْ حَتَّى نَنْظُرَ. قَالُوا: يَا أَنَسُ، أَهْرِقْهَا، ثُمَّ قَالُوا عِنْدَ أُمِّ سُلَيْمٍ حَتَّى أَبْرَدُوا وَاغْتَسَلُوا، ثُمَّ طَيَّبَتْهُمْ أُمُّ سُلَيْمٍ ثُمَّ رَاحُوا إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَإِذَا الْخَبَرُ كَمَا قَالَ الرَّجُلُ. قَالَ أَنَسٌ: فَمَا طَعِمُوهَا بَعْدُ

“Tidak ada minuman yang paling disukai penduduk Madinah tatkala diharamkannya khamr, selain (khamr dari) rendaman kurma. Sungguh waktu itu aku sedang menghidangkan minuman itu kepada para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sedang berada di rumah Abu Thalhah. Tiba-tiba lewat seseorang, dia mengatakan, “Sesungguhnya khamr telah diharamkan!” Sama sekali para sahabat tidak menanyakan, “Kapan?” atau “Kami lihat dulu.” Mereka justru langsung mengatakan, “Wahai Anas, tumpahkan khamr itu!” Lalu mereka pun beristirahat siang di rumah Ummu Sulaim sampai hari agak dingin, setelah itu mereka mandi. Kemudian Ummu Sulaim memberi mereka minyak wangi. Setelah itu mereka beranjak menuju ke hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ternyata beritanya memang seperti yang dikatakan orang tadi. Maka mereka tak pernah lagi meminumnya setelah itu.”

(HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1241, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 940: shahihul isnad)

‘Umar ibnul Khaththab radhiyallahu ‘anhu:

رُبَّمَا قَعَدَ عَلَى بَابِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رِجَالٌ مِنْ قُرَيْشٍ، فَإِذَا فَاءَ الْفَيْءُ قَالَ: قُوْمُوا فَمَا بَقِيَ فَهُوَ لِلشَّيْطَانِ. ثُمَّ لاَ يَمُرُّ عَلَى أَحَدٍ إِلاَّ أَقَامَهُ

Pernah suatu ketika ada orang-orang Quraisy yang duduk di depan pintu Ibnu Mas’ud. Ketika tengah hari, Ibnu Mas’ud mengatakan, “Bangkitlah kalian (untuk istirahat siang, pent.)! Yang tertinggal hanyalah bagian untuk setan.” Kemudian tidaklah Umar melewati seorang pun kecuali menyuruhnya bangkit.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1238, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 939: hasanul isnad)

Qailulah atau bahasa inggrisnya dikenal sebagai Quick-nap adalah tidur siang sebentar yang menjadi kebiasaan Rasulullah saw dan sahabat-sahabatnya. Mungkin sebagian dari kita masih menganggap bahwa tidur siang itu seperti anak kecil atau menganggap bahwa tidur siang adalah bentuk kemalasan. Namun, anggapan ini adalah salah. Tidur siang yang dimaksud hanyalah berkisar 15 menit sd 30 menit. Namun walaupun sebentar kualitasnya sama dengan tidur malam selama 2 jam. Oleh karena itu Qailulah ini dapat membantu sahabat yang ingin mendirikan Ibadah Malam di malam harinya. Sehingga tidak mudah mengantuk pada siang hari serta tetap fresh dan fokus.

Quick-nap ternyata juga sudah diterapkan di berbagai perusahaan Jepang dan Amerika. Beberapa perusahaan Amerika yang telah menerapkannya untuk karyawannya antara lain Nike, Google, Jawa mobile dari Scottsdale company, Continental and British Airways, Ben & Jerry’s dan lain-lain. Mereka melihat dan membandingkan karyawan yang melakukan quick-nap lebih fokus, segar dan tidak mudah sakit dalam hari-hari produktif bekerja.

Manfaat Quick-nap atau qailulah menurut para ahli antara lain

1. Meningkatkan kewaspadaan, ingatan atau memori, kemampuan motorik, pengambilan keputusan dan semangat. Bahkan juga dapat menurunkan kemungkinan sakit jantung dan stress sebesar 30%. Manfaat ini diteliti oleh David Dinges dari University of Pennsylvania School of Medicine pada tahun 80 an.

2. Menyingkirkan kantuk di siang hari tanpa mengganggu tidur malam hari. Manfaat tersebut diungkapkan oleh Jim Horne, direktur Sleep Research Centre di Loughborough University di Inggris.

3. Memberikan ketenangan. Kata Dr. Roger Rosa, ilmuwan senior dari the National Institute for Occupational Safety and Health.

Berikut adalah saran dari Dr. Sara Mednick, penulis buku “Take a Nap! Change Your Life.” agar sahabat bisa tidur siang sekejap di tempat kerja atau di manapun.

1. Siapkan waktu dan ruang.

Quicknap membutuhkan waktu 15 menit sampai 30 menit. Ruang yang dibutuhkan tidak harus ruang tidur, cukup tempat duduk yang nyaman, karpet atau matras serta tidak diganggu oleh orang-orang yang di sekitar.

2. Kondisikan senyaman mungkin.

Apabila memungkinkan, ruangan diseting agar gelap. Karena ketika gelap otak memproduksi hormon melatonin. Oleh karena itu ketika mata tertutup, lampu sebaiknya dimatikan. Atau paling tidak memakai penutup mata. Matikan Handphone serta sebaiknya tidak terkena AC atau kipas angin secara langsung.

3. Hati-hati dengan bahan kimia makanan atau minuman

Sebaiknya anda menghindari kafein (teh dan kopi) untuk beberapa jam sebelum tidur siang. Begitu juga hindari alkohol, nikotin (rokok), obat diet dan obat anti depresan. Oya, sebaiknya makan siang dilakukan setelah tidur siang. Jadi tidur siang terbaik adalah ketika lambung kosong (bukan lapar).

ditulis oleh:

H. Afrizal Muttaqien, S.Si, CPNLP, CHt.

Nah, sahabat.. jika masih kesusahan untuk mempraktekannya, RSH memberikan fasilitas training HOLISTIC QUICK-NAP gratis besok Kamis jam 15.30 – 17.00 di RSH. InsyaAllah akan kami adakan setiap pekan sekali. Ikuti terus Facebook RSH.

Informasi dan reservasi Training gratis:

0274-851-6868/ 0878-3966-0590

Sumber

Iklan

4 responses to this post.

  1. […] on January 7, 2012 by .:: Taman Hidayah […]

    Balas

  2. Subhanallah,
    Sungguh pada diri Rasulullah itu adalah suri tauladan yang baik.

    Terimakasih atas ilmunya Pak.
    Blognya bermanfaat.
    Semoga Allah SWT limpahkan ramhat dan berkahnya kepada Bpk sekeluarga,
    Amiiin ya rabbal alamiiin…

    Balas

  3. assalamualaikum, ini sumber nya darimana pak? boleh tau referensi bukunya??
    sangat bermanfaat 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s