Holistic HYPNO-HEALING


Sahabat pernah mendengar kata “HYPNO”? Tentu pernah, baik dari teman, radio bahkan dari televisi. Ada yang kontra maupun yang mendukung. Sebagian yang kontra menganggap bahwa hypnosis atau hipnotis menggunakan kekuatan sihir atau bahkan berkolaborasi dengan jin. Ada juga yang kontra karena menganggap bahwa hypnosis mengendalikan pikiran orang, begitu juga ada yang takut karena ketika dihipnosis seseorang akan ngelantur membuka aibnya sendiri di hadapan banyak orang. Sahabat, semua yang telah disebutkan di atas tidaklah benar, media dan para hypnostagist (sebutan orang yang menggunakan hypnosis untuk pertunjukan panggung) memang memegang peranan besar dalam salah kaprah tersebut. Sehingga seolah-olah hypnotist adalah orang yang mempunyai kekuatan untuk mengendalikan orang lain. Sehingga bagi orang awam atau belum pernah mengenal apa itu hypnosis menjadi salah paham.

Baiklah, kita mari mengenal hypnosis atau hipnotis terlebih dahulu. Kata “hypnosis” pertama kali diperkenalkan oleh James Braid, seorang dokter ternama dri Inggris yang hidup antara tahun 1795 – 1860. Sebelum masa James Braid, hypnosis dikenal dengan nama Mesmerism / Magnetism. Pada awalnya hypnosis sebenarnya ditemukan oleh seorang dokter yang bernama Franz Anton Mesmer (1735-1815). Mesmer dahulu menggunakan sugesti kepada pasien-pasiennya bahwa dirinya dapat mengalirkan magnet untuk menyembuhkan. Pasien-pasien yang tersugesti menjadi menunjukkan kondisi trance/ terhipnosis sehingga terjadilah penyembuhan. Ilmu pengetahuan psikologi maupun kedokteran masih belum berkembang sehingga Mesmer dianggap sebagai “Ter-Kun” (Dokter Dukun). Walaupun begitu para murid Mesmer masih terus mengembangkan dan melakukan penelitian mesmerism.

Sejak masa penemuan hypnosis sudah diawali oleh para dokter dan digunakan memang bertujuan untuk penyembuhan. James Esdaile (1808 – 1859) adalah juga seorang dokter yang mempelajari Mesmerisme. Pada masanya, Esdaile melakukan lebih dari 300 kali operasi tanpa anastesi (bius). Pada masa nya ether dan Nitrous Oxide yang dikenal sekarang sebagai obat bius belum ditemukan. Ketika itu operasi dilakukan oleh para dokter tanpa obat bius dan masih beranggapan bahwa rasa sakit ketika dioperasi memang dibutuhkan sehingga penemuan Esdaile tentang anastesi dengan mesmerisme dianggap tidak ilmiah dan tidak sesuai dengan ilmu kedokteran yang  berkembang saat itu.

Barulah ketika James Braid (1795-1860) melakukan penelitian, ia menemukan bahwa pasien yang diterapi dengan menggunakan mesmerisme dalam kondisi yang mirip tidur. Sehingga mesmerisme ia namakan sebagai Hypnosis. Hypnosis berasal dari kata “hypnos” yang merupakan nama dewa tidur orang yunani. Walaupun namanya demikian, kondisi hypnosis berbeda dengan kondisi tidur. Orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak bisa mendengar suara-suara disekitarnya. Sedangkan orang dalam kondisi hypnosis, meskipun tubuhnya beristirahat (seperti tidur), ia masih bisa mendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya. Kondisi ini sangatlah sugestif, tergantung gelommbang otak mana yang digunakan. Secara sederhana gelombang otak manusia dapat dibagi menjadi 4, yaitu gelombang otak alpha, beta, teta dan delta. Masing-masing bermanfaat sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan manusia.

  • Gelombang otak beta (12-25 Hz)

Gelombang otak ini sering sekali digunakan oleh manusia untuk berpikir “sadar” untuk melakukan kegiatan analisa, sistematis, kritis dan lain-lain. Ketika gelombang otak ini aktif, sistem pertahanan berupa sistem penyaringan informasi aktif. Informasi yang telah tersaring hanya bersisa maksimal 12% saja. Pada kondisi ini manusia dapat memikirkan sampai 9 objek bersamaan.

  • Gelombang otak alpha (8-12 Hz)

Gelombang otak ini terjadi ketika manusia dalam kondisi rileks dan critical factor menipis. Kondisi ini disebut light trance (hypnosis ringan) yang cukup sugestif dan bisa digunakan ketika belajar, asyik membaca novel, mengerjakan hobi, shalat, berdoa, ngobrol asyik dan lain sebagainya.

  • Gelombang otak theta (4-8 Hz)

Gelombang otak ini yang dipakai dalam hypnosis untuk menerapi kasus-kasus khusus seperti trauma, phobia, Ikhlas Healing Therapy dan lain sebagainya. Kondisi ini disebut deep trance atau hypnosis dalam. Pada kondisi ini emosi ikut terlibat, contoh dalam peristiwa sehari-hari adalah ketika sahabat sedang shalat atau berdzikir kemudian menitikkan air mata, membaca novel “Hafalan Shalat Delisa” kemudian menangis, sedang menonton sinetron kemudian ikut marah terhadap antagonis di dalam sinetronnya dan kondisi ketika tidur kemudian bermimpi. Kondisi ini sangat sugestif, sehingga harus sangat hati-hati apa yang dilihat, didengar dan dirasakan.

  • Gelombang otak delta (0,1-4 Hz)

Gelombang otak ini adalah kondisi dimana manusia sedang tidur terlelap tanpa mimpi.

Secara alami Sahabat memasuki berbagai gelombag otak secara bergantian. Seperti ketika akan tidur dan bangun tidur, naik motor (tiba-tiba sudah sampai di tujuannya), shalat, doa, dzikir dan lain sebagainya. Nah, HYPNOTHERAPY adalah terapi baik dengan menggunakan teknik hypnotis/ hypnosis. Hypnotherapy terutama digunakan untuk menerapi masalah emosis atau psikis. Sedangkan di RSH, Hypnotherapy digunakan tidak hanya untuk masalah psikis, namun juga spiritual dan fisik. Kesehatan Holistik juga menyentuh spiritual dan emosi karena faktor terbesar yang mempengaruhi kesehatan manusia adalah faktor Spiritual (50%) dan psikis (40%) sedangkan fisik hanya 10% saja.

Kami sering menemui bahwa sahabat yang ke RSH 90% penyakitnya lebih banyak dipengaruhi oleh faktor Spiritual dan psikis. Penyakit yang sering kami temui akibat faktor psikis dan spiritual adalah

  • Maag dan GERD

Menurut penelitian para dokter, lambung sangat erat hubungannya dengan stress. Bahkan ketika stress asam lambung diproduksi 100 kali lipat lebih banyak daripada ketika lapar. Apa yang terjadi ketika stress terjadi terus menerus? Sedangkan menurut TCM, lambung sangat erat kaitannya dengan emosi merenung dan menyesali diri. Sehingga bagi sahabat yang sering mempunyai emosi seperti ini berakibat masalah di lambung.

  • Asma

Menurut TCM, paru-paru sangat erat kaitannya dengan emosi Sedih dan Khawatir. Terkadang asma juga terjadi karena alergi.

  • Alergi

Alergi lebih banyak disebabkan oleh anchor/ sugesti negatif (pencetus psikologis) yang kuat, sehingga tubuh merespon seperti sugesti yang dipikirkan.

  • Menstruasi tidak lancar atau bahkan tidak menstruasi (walau tidak KB)

Menstruasi tidak lancar atau amenor (tidak menstruasi) yang bukan disebabkan oleh KB, biasanya disebabkan oleh Liver yang panas. Liver sangat erat kaitannya dengan marah, jengkel dan dongkol. Jadi bagi sahabat wanita yang mempunyai emosi tersebut, sebaiknya segera merubahnya agar menstruasi tetap sehat.

  • Impotensi

Impotensi diakibatkan oleh Limpa dan Liver yang terlalu lemah, biasanya disebabkan oleh stress dan perasaan tertekan. Emosi ini membuat Limpa tidak mampu menguatkan otot dan Liver tidak bisa memompa darah ke bagian yang dibutuhkan.

  • Kanker dan tumor

Kanker dan tumor adalah penyakit yang diakibatkan oleh banyak emosi negatif yang menumpuk lama di dalam hati/ pikiran bawah sadar. Secara psikis kadang tidak terlihat, namun pengalaman masa lalu yang kurang diikhlaskan membuat metabolisme kurang baik. Sahabat bisa membaca artikel kami tentang kaitan antara emosi negatif dan kanker/ tumor.

  • Jantung

Jantung adalah organ yang sering menjadi indikasi masalah metabolisme yang mulai cukup parah. Bermula dari alarm berupa jantung sering berdebar (aritmia). Jantung sangat erat kaitannya dengan emosi gembira berlebihan dan terkejut. Juga sering terkena dampaknya ketika emosi marah, dongkol, merenung, menyesal dan stress.

  • Hipertensi

Hipertensi bisa disebabkan oleh dua kemungkinan, karena Liver yang terlalu kuat (marah dan dongkol) dan Limpa yang terlalu lemah (merenung dan menyesal).

  • Kista

Kista, penyebabnya imbang antara penyebab fisik dan psikis. Secara psikis, penyebabnya sering disebabkan oleh karena trauma peristiwa atau sesorang di masa lalu yang belum dimaafkan.

  • Psoriasis dan Eksim

Kulit disebabkan oleh 2 organ, yaitu Liver dan Paru-paru, sehingga emosi yang paling sering mengganggu adalah marah yang dipendam dan kesedihan yang dipendam.

  • Diabetes

Diabetes sangat sering disebabkan oleh limpa yang terlalu lemah. Saking lemahnya membuat limpa dan pancreas tidak bisa mengontrol lendir, terutama kadar gula darah di dalam darah. Limpa lemah diakibatkan oleh emosi merenung dan menyesal.

  • Mata

Terkadang ada sahabat yang matanya sering menegang sehingga terasa sakit untuk digerakkan dan difokuskan. Mata adalah organ yang dikuasai oleh liver. Ketika liver terlalu kuat, mata menjadi terasa menegang bahkan bisa mengakibatkan deformasi bola mata menjadi terlalu lonjong atau terlalu pipih (pendek) sehingga mengakibatkan mata rabun.

Dan masih banyak lagi penyakit-penyakit fisik akibat masalah emosi.

Hypnotherapy untuk penyembuhan secara holistik di RSH dibagi menjadi 2 macam, yaitu hypnotherapy untuk penyakit kronis, namun masalah psikisnya tidak ada atau ringan dan hypnotherapy untuk penyakit kronis yang disebabkan oleh masalah psikis yang berat.

Penyakit kronis tanpa masalah psikis/ ringan cukup dengan menggunakan hypno-healing saja. Namun untuk yang masalah psikisnya berat menggunakan Ikhlas Healing Therapy atau Hypnotherapy.

Hypno-healing memanfaatkan kondisi hypnosis yang sama seperti dalam kedokteran yang disebut sebagai ASC (Altered State of Consiusness). Kondisi ASC ini bisa dilakukan dengan sengaja dengan menggunakan Hypnotherapy.Dalam kondisi ASC ini proses penyembuhan luar biasa, terjadi berbagai metabolisme self-healing di dalam tubuh. Seperti detoksifikasi, baik dari mulut, keringat, feses, urine dan lain-lain. Detoksifikasi bisa terjadi setelah proses hypno-healing atau ketika hypno-healing. Ada sebagian orang yang setelah terapi hypno-healing, mulutnya menjadi bau. Bau mulut ini adalah pengeluaran toxic gas dari lambung atau pencernaan. Ada juga sahabat yang setelah diterapi, keesokan harinya BAB nya menjadi lebih banyak dan berwarna kehitam-hitaman. Terkadang ada juga yang keringatnya menjadi sangat banyak keluar dan kulitnya menjadi lebih berdaki daripada sebelumnya.

Hypno-healing juga memberikan kesempatan tubuh untuk melakukan regenerasi sel yang lebih cepat. Sehingga sel-sel tubuh yang rusak digantikan oleh sel-sel yang baru. Kondisi ASC atau hypno-healing ini juga membuat paru-paru mengambil volume oksigen (bukan udara) lebih maksimal sehingga seluruh tubuh menjadi terpasok oksigen, terutama otak sehingga setelah sadar kondisi tubuh menjadi lebih segar.

Kondisi ASC secara alami terjadi ketika seseorang mengalami demam kemudian mengigau, seperti itulah ASC. Kondisi ini sangat baik, dengan menggunakan Hypno-healing, kondisi ASC ini dapat dibuat dengan sengaja sehingga penyembuhan untuk penyakit menjadi lebih cepat, terutama untuk penyakit kronis.

Kondisi Hypnosis sangatlah sugestif, sehingga pikiran bawah sadar juga dapat diselaraskan dengan keinginan pikiran sadar, yaitu keinginan untuk sehat kembali. Pikiran bawah sadar memegang peranan untuk mengatur metabolisme sampai tingkat sel di tubuh, sehingga jika pikiran bawah sadar juga sudah selaras dengan sadar, penyembuhan jadi lebih berkualitas. Terkadang pikiran bawah sadar belum selaras dengan pikiran sadar untuk menjadi sehat. Contoh adalah salah satu sahabat RSH yang divonis GERD oleh dokter dan dinyatakan tidak bisa disembuhkan. Pikiran bawah sadarnya telah mempercayainya sehingga tubuh menjadi susah untuk disembuhkan. Ketika menggunakan Hypno-healing, sugesti negatif dari dokter dibersihkan dan kemudian diganti dengan sugesti positif sehingga terjadi penyembuhan lebih cepat dan sahabat tersebut menjadi lebih optimis. Kemudian sahabat tersebut dapat mulai membaik dan bisa bekerja kembali, karena sejak divonis seperti itu beliau sempat hanya di rumah menahan sakit dan berkali-kali hanya minum obat. Alhamdulillah.

Manfaat tambahan ketika sahabat terapi Hypno-healing adalah

1. Emosi menjadi lebih stabil

2. Ibadah menjadi lebih khusyuk karena dengan pernah hypnotherapy di RSH, kami insyaAllah selalu menambahkan latihan untuk khusyuk dengan cara hypnotherapy. Karena sesungguhnya rasanya sama.

3. Sahabat bisa dengan mudah melakukan QAILULAH, tidur siang ala Rasulullah. Setiap hypno-healing diajarkan untuk memasuki kondisi tidur siang ala Rasulullah ini. Qailulah juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Sedangkan untuk sahabat yang mempunyai masalah psikis yang berat, sehingga tidak bisa menangani sendiri, sebaiknya sahabat terapi Ikhlas Healing Therapy atau Hypnotherapy juga. Bedanya Hypno-healing hanya 1x pertemuan dan hanya menggunakan terapi sugesti langsung serta diajarkan untuk masuk ke dalam ASC secara mandiri, biayanya Rp 50.000 saja. Sedangkan untuk Hypnotherapy atau Ikhlas Healing Therapy, terapinya menggunakan satu atau beberapa tekhnik tertentu dan pertemuannya 1-2x dan bergaransi 1-2x saja. Biaya paketnya hanya Rp 250.000 untuk 1-2x pertemuan dan garansi 1-2x hypnotherapy.

Salah Paham tentang Hypnotherapy seringkali datang dari acara sulap di televisi, ada yang takut bahwa ketika dihipnotis akan menceritakan semua aib-aibnya. Sahabat, acara yang ditelevisi lebih banyak menggunakan cara scenario dibandingkan hypnotis murni. Seseorang yang memasuki kondisi hypnosis bisa berbohong jika memang dibutuhkan dan kondisi hypnosis adalah kondisi kesadaran spiritual yang paling tinggi sehingga sangat cerdas. Apa yang sahabat rasakan ketika hypnosis adalah kesadaran, bukan berarti tidak sadar dan hilang ingatan. Ketika sahabat dihypnosis boleh menjawab apapun dan bisa bangun sendiri kapanpun yang sahabat mau. Namun tentunya jika sahabat bangun atas kemauan sendiri ketika dihypnoterapi tentunya proses kesembuhan sahabat menjadi tertunda.

RSH menyediakan Hypnotherapist ikhwan maupun akhwat, jadi sahabat bisa tetap lebih privasi.

Hasnil Afrizal Muttaqien

Sahabat bisa menghubungi Customer Service RSH di

0878-3966-0590 atau 0274-851-6868

Rumah Sehat Holistik Jogja

Jl Sunan Muria 5, Jaban, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman (jakal km 8,5) Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s