Sebab-sebab yang mendatangkan cinta kepada Allah


1. Membaca al Qur’an dengan mendalami dan memahami makna-maknanya, seperti yang dikehendaki, tak berbeda dengan menelaah buku yang harus dihafalkan seseorang, agar dia dapat memahami maksud pengarangnya.

2. Taqarrub kepada Allah dengan mengerjakan shalat-shalat nafilah setelah shalat fardhu, karena yang demikian ini bisa menghantarkan seorang hamba ke derajat orang yang dicintai setelah dia memiliki cinta.
3. Senantiasa mengingat dan menyebut asma-Nya dalam keadaan bagaimanapun, baik dengan lisan dan hati, saat beramal dan di setiap keadaan. Cinta yang didapatkannya tergantung dari dzikirnya ini.
4. Lebih mementingkan cinta kepada-Nya daripada daripada cintamu pada saat engkau dikalahkan hawa nafsu.
5. Mengarahkan perhatian hati kepada asma’ dan sifat-sifat Allah, mempersaksikan dan mengetahuinya.Siapa yang mengetahui Allah melalui sifat, asma’ dan perbuatan-Nya, tentu dian akan mencintai-Nya.
6. Mempersaksikan kebaikan, kemurahan, karunia, dan nikmat Allah yang zhahir maupun yang batin.Karena yang demikian ini bisa memupuk cinta kepada-Nya.
7. Kepasrahan hati secara total di hadapan Allah.
8. Bersama Allah pada saat Dia turun ke langit dunia, bermunajat kepada-Nya, membaca kalam-Nya,menghadap dengan segenap hati, memperhatikan adab-adab ubudiyah di hadapan-Nya, kemudian menutup dengan istighfar dan taubat.
9. Berkumpul bersama orang-orang yang juga mencintai-Nya secara tulus, memetik buah-buah yang segar dari perkataan mereka sebagaimana memetik buah yang segar dari pohon, tidak berkata kecuali jika merasa yakin perkataannya mendatangkan maslahat, menambah baik keadaanmu dan memberi manfaaat bagi orang lain.
10. Menyingkirkan segala sebab yang dapat membuka jarak antara hati dan Allah. 

From Madarijus Salikin karya Ibnu Qayyim Al jauziyyah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s