Apa Yang Sebenarnya Terjadi Di Suriah?


Berita Suriah

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Saya beberapa kali membaca di internet tentang kerusuhan di Suriah. Apa sebenarnya yang terjadi di sana?

Dari: Ray

Jawaban:
Wa’alaikumussalam

Kejadian di Suriah

Pergolakan di Suriah sudah terjadi lebih dari satu tahun, sejak 15 Maret 2011 sampai saat ini lebih dari 11.000 orang tewas dan ribuan bangunan hancur. Peristiwa ini merupakan akumulasi dari tindakan represif pemerintah Suriah sejak dahulu.

Pada masa pemerintahan Hafiz al Asad, -ayah dari presiden sekarang, Basyar al Asad- rakyat Suriah khususnya dari kalangan Ahlussunnah ditindas dan dibantai:

  • 12 April 1980, pemerintahan Al Asad membunuh ratusan orang di kota Hamah.
  • 27 Juni 1980 sekitar 1500 orang-orang yang ditawan pemerintah terdiri dari pihak oposisi, dosen, cendekiawan, dan ulama tewas di penjara kota Tadmur.
  • 11 Agustus 1980 serangan terhadap penduduk kota Halb menewaskan 100 orang.
  • Tahun 1982 tentara Suriah di bawah kendali presiden Hafidz Al Assad dan saudaranya Raf’at Al Assad kembali melakukan pembantaian terhadap Ahlussunnah di kota Hama. Dalam penyerangan selama 1 bulan mereka berhasil menguasai kota dan membantai 70.000 penduduk kota hama. Mereka menculik lebih dari 20.000 penduduk, melakukan pemerkosaan terhadap wanita, menghancurkan rumah, bangunan, masjid, gereja serta pasar. Dalam penyerangan tersebut lebih dari 10.000 penduduk terpaksa mengungsi keluar kota Hama.

Terlalu panjang untuk diceritakan kebiadaban rezim Al Asad ini dan sangat sulit diterima oleh akal kekejaman yang mereka lakukan terhadap rakyatnya, namun inilah realitanya. Kita bisa saksikan video-video pembantaian seperti itu.

Setelah menyaksikan video di atas, tentu membuat kita bertanya-tanya, apa yang membuat prajurit-prajurit dan orang-orang yang pro pemerintahan Suriah begitu tega membantai orang-orang dengan cara yang keji demi menuruti kehendak dinasti Asad dan tetap menjaga langgenggnya kekuasaan mereka. Video berikut ini jawabannya

Siapa Basyar al Asad dan Mengapa Ia Membunuh Ahlussunnah?

Basyar al Asad adalah pemimpin partai Bath di Suriah yang berideologi sosialis. Namun secara pribadi ia berideologi Syiah Nushiariyah, salah satu sekte Syiah yang ekstrim. Dengan demikian tidak heran Rusia yang berpaham komunis dan Iran yang merupakan manifestasi ajaran Syiah, membantu pemerintahan Baysar al Asad memerangi umat Islam dan para oposisi, tujuannya agar Baysar al Asad tetap langgeng di tanah Arab dan cita-cita revolusi Iran untuk mensyiahkan Arab pun tercapai.

Apabila pembahasan ini dibicarakan dari kaca mata politik saja, tentu kita tidak akan mencapai substansi permasalahan dan pembahasan pun akan simpang siur dikarenakan ketidakpastian berita dan banyaknya kepentingan. Agar lebih menyentuh substansi permasalahan, pembahasan ini haruslah dibahas dari kaca mata ideologi, yang mana merupakan penggerak utama aktivitas seseorang atau kelompok.

Syiah merupakan ajaran yang sudah sangat lama ada, jauh sebelum keberadaan Amerika dan negara-negara Barat lainnya. Ajaran ini dicetuskan oleh Abdullah bin Saba, seorang Yahudi yang berpura-pura masuk Islam untuk memecah belah Islam dari dalam. Keberadaan mereka di tengah kaum mulimin selalu menimbulkan kerugian dan pertumpahan darah. Bagi orang-orang yang mempelajari sejarah tentunya akan tahu apa yang menyebabkan jutaan umat Islam tewas di Baghdad oleh tentara Mongol dan mengapa pula Timur Lang membantai sekian banyak umat Islam pada masanya berkuasa. Semua itu karena pengaruh Syiah. Lalu apa ideologi Basyar al Asad dan Timur Lang yang membuat mereka yakin mengobarkan peperangan dan tega untuk membunuh melakukan pembantaian. Berikut ini kami kutipkan dari buku-buku Syiah, bagaimana mereka memandang Ahlussunnah.

Dari Daud bin Farqad, dia berkata, saya berkata kepada bapakku, Abdullah ‘alaihissalam “Apa pendapatmu tentang pembunuhan terhadap pembangkang?” Dia menjawab, “Halal darahnya, tetapi saya merasa khawatir kepadamu. Jika kamu mampu menimpakan dinding atau menenggelamkannya ke dalam air agar tak ada seorang pun yang melihatnya, maka lakukanlah.” (Wasail Asy Syiah, 18:436, Bihar Al Anwar, 27:231). Khomeini –pemimpin revolusi Iran- mengatakan, “Jika kamu mampu untuk mengambil hartanya, maka ambillah dan berikan kepada kami seperlimanya.”

Sayid Ni’matullah Al Jazairi berkata, “Sesungguhnya Ali bin Yaqthin, pembantu Rasyid berkumpul di dalam penjara yang dihuni oleh sekelompok pembangkang (Ahlussunnah), maka dia menyuruh budak-budaknya untuk meruntuhkan atap agar menimpa orang-orang yang ada di penjara sehingga mereka semuanya mati dan jumlah mereka adalah lima ratus orang laki-laki.” (Al Anwar anNu’maniyah, 3:308)

Ni’matullah al Jazairi mengatakan, “Mereka (Ahlussunnah) adalah orang-orang kafir yang najis berdasarkan kesepakatan ulama Syiah Imamiyah. Mereka lebih jahat daripada Yahudi dan Nashrani. Dari tanda orang yang membangkang adalah lebih mengutamakan selain Ali dalam imamah.” (Al Anwar an Nu’maniyah, 206-207).

Oleh karena itulah, Basyar dan tentaranya tega melakukan kekejaman sedemikian rupa karena ada motivasi ideologi yang menuai pahala (jihad). Demikian juga selogan pasukan Iran ketika membantu pasukan Suriah memerangi Ahlussunnah, mereka mengatakan, “Uqtulul sunnah dakhola al jannah.” Bunuhilah orang-orang Ahlussunnah maka akan masuk surga.  Ketika diwawancari di stasiun televisi, saat ditanya apakah ia (Basyar) merasa bersalah melakukan pembantaian tersebut, ia mengatakan “Saya telah melakukan hal yang terbaik untuk melindungi orang-orang (menurut dia), jadi mengapa harus merasa bersalah.”

Dijawab oleh Nurfitri Hadi (Tim Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Tags: Berita Suriah, Syiah Suriah.

About the author

Nurfitri Hadi. Seorang editor. Sekarang sedang menyelesaikan pendidikan S2 pada Kajian Timur Tengah di UGM, Yogyakarta.
About these ads

11 responses to this post.

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Wah ini analisa pengamat Timur Tengah yang kuliahnya di Jogja kenapa langsung membenturkan sunni dan syiah, jangan terjebak dengan berita media bung. Suriah memang dikondisikan media seperti Lybia yang membantai rakyatnya. Rezim Suriah sekarang ini yang saya tahu adalah pendukung utama Palestina yang mengancam kepentingan Barat dengan Israel-nya, dan kebetulan mereka didukung oleh Russia dan China. Lihat saja veto atas sanksi Suriah dilakukan oleh Russia dan China karena mereka punya kepentingan. Ironis karena Suriah sepertinya dijadikan medan pertempuran antara Russia (yang mempersenjatai militer rezim berkuasa) dengan Amerika dan Barat yang mempersenjatai oposisi, orang ketika punya senjata cenderung menggunakannya dan jadinya rusuh.

    Wallahu a’lam, kebenaran sejati hanya milik Allah s.w.t, tapi ingat syiah bukanlah aliran sesat karena mazhab mereka diakui oleh ulama sunni karena mereka juga boleh ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, tidak seperti ahmadiyah yang dilarang ke tanah suci, karena tanah suci dilarang dimasuki orang musyrik. Sehingga berhati-hatilah ketika mengatakan tentang sunni dan syiah kalau kita tidak benar-benar bisa menjadi saksi dengan menyaksikan sendiri, barat mas tanggung jawabnya.

    Reply

    • Posted by lala on August 10, 2012 at 9:36 am

      Syiah Rafidhoh…. itu SESAT…
      Silahkan antum belajar dengan baik supaya tahu apa dan siapa syiah rafidhoh itu. Pelajari dengan baik aqidahnya supaya bisa mengerti kenapa di sebut SESAT.

      Reply

      • Posted by izmeth on October 6, 2012 at 11:08 am

        Antum yang sebenarnya harus belajar banyak dari sejarah…bukan belajar dari sejarah yang telah direkayasa ama kaum yahudi!!!

    • Posted by Satu adalah Satu on January 2, 2013 at 3:43 pm

      ALLAH HUMMA SOLLI ALA SAYIDINA MUHAMMAD WAALA ALI SAYIDINA MUHAMMAD, WA RODHIAWALLAHU TAALA ALA KULLI SHOHABATI (SAYIDINA ABUBAKAR RA WA SAYIDINA UMAR RA, SAYIDINA USMAN RA WA SAYIDINA ALI KW ) AJMAIN

      Reply

  2. Posted by renza on September 21, 2012 at 10:05 am

    Assalamu alaikum wr. wb…
    Admin, banyak sekali wacana yang memang membingungkan untuk difahami tentang konflik di suriah.
    dan juga banyak fersi yang menyebutkan berbeda. Dan saya menggaris bawahi tentang hal hal di bawah ini :
    1. Bashar al Assad adalah syiah
    2. Banyak terjadi peperangan antara kaum syaih dan suni di timur tengah
    3. kalau ditinjau dari ajaran alqur’an dan hadis memang banyak cara2 ritual syiah yang menyompang.
    4. Mayoritas kaum penentang basyar al assad adalah suni.

    Dari kelima hal di atas dan kalau ditinjau dari segi internal islam sebagai kaidah kita dapat mengartikan untk semantara bahwa perang di suriah antara gerilyawan dan pemerintah syiah adalah perang yang dilandasi atas perbedaan sakte. yaitu syiah dan suni.

    Namun dari kacamata international kita juga harus melihat beberapa hal yang penting untuk digaris bawahi, seperti :
    1. Pihak oposisi penentang bashar al Assad bersekutu dengan barat ( amerika, israel & eropa ).
    Dan dalam dunia islam kita juga sepakat bahwa negara2 tersebut adalah negara yang kerap membuat masalah dengan negara2 muslim. pertanyaannya adalah kanapa pihak oposisi harus bersekutu dengan mereka?
    2. Suiah dan iran adalah negara negara yang selama ini dengan tegas menentang kebijakan2 amerika dan barat, khususnya juga keberadaan negara israel.
    pertanyaannya adalah, apakah hal itu benar adanya ataukah hanya pencitraan?
    3. Suriah memiliki sekutu yang juga tidak bisa dianggap remeh kekuatan tempurnya, seperti iran , rusia dan china. dan negara2 ini merasa memiliki kepentinagan dengan pemerintahan Bashar al assad, tentu saja mereka juga tidak ingin suriah melepaskan al Assad dan menunjuk presiden baru yang pro barat.
    pertanyaannya, apakah perang yang terjadi di suriah juga merupakan revolusi timur tengan yang selama ini di motori amerika dan barat seperti yang terjadi di mesir dan jg libya?

    Banyak hal yang terjadi di dunia dan kita begitu sulit untuk mendapatkan kebenarannya, dan yang sudah pasti terjadi adalah banyaknya korban yang berjatuhan. Dan yang ebih ironisnya lagi adalah semua dari mereka adalah saudara saudara muslim kita.
    Terima kasih.
    wasalamu alaikum wr. wb..

    Reply

    • Posted by bun on October 5, 2012 at 2:35 am

      Syiah secara internal juga terpecah, memiliki sekte2. apakah semua dikatakan sesat? atau sebagian saja?

      Reply

  3. Posted by Girl on February 17, 2013 at 10:55 pm

    Bermimpi semua umat muslim tidak saling membunuh dan berperang….jika selalu berselisih dan berperang maka kita akan semakin hancur dan generasi muda kita mati sia2..sementara ada pihak yang tertawa melihat kita…. jadi pada dasarnya umat muslim sangat mudah di provoganda dan di pecah belah… sebagai umat muslim sangat sedih melihat begitu banyak anak2 yang tidak berdosa menjadi korban dari semua pertikaian…..

    Reply

  4. Posted by Girl on February 17, 2013 at 10:58 pm

    sesama muslim saja kita sering saling menuduh “aliran sesat”….sehingga pihak ketiga tertawa dan masuk untuk menyulut api…. dan janganlah kita mudah percaya dengan semua berita ini-itu tentang suni,syiah….terkadang banyak orang yang sebenarnya tidak alim juga ikut2an berkoment “SESAT”….

    Reply

  5. Posted by koko on March 20, 2013 at 2:40 pm

    dari kajian2 yg pernah sy ikuti dan informasi2 dr temen2 yg menjadi relawan di suriah…sy sependapat dg admin…

    Reply

  6. Posted by pro peaces on July 16, 2013 at 3:54 pm

    semuannya sama saja….
    ada yg bilang syiah sesat dan sunni sesat…
    pemerintah syriah kejam????
    apa pemberontak yg berpaham sunni teriak2 dizalimin tidak kejam????…..
    membuat fatwa pemerkosaan wanita selain sunni itu hallal…????
    saya bukan pro sunni ataupun syiah….
    kalo namanya konflik, ya semuanya kejam….

    islam yang benar dicerminkan dari perbuatannya….
    contoh tauladan nabi ketika berperang…..
    tidak ada namanya tawanan boleh disiksa dan wanitanya diperkosa…
    apa itu sunni???? apa itu syiah????
    kalo sifatnya lebih kejam dari pada binatang….

    Reply

  7. Posted by nanda on September 10, 2013 at 9:54 pm

    hampir seperti teroris yg membunuh umat dan berkata ‘ini adalah jihad’

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s